...segala apa yang qta tuliskan, merupakan salah satu cerminan diri qta. tapi dari tulisan ini aQ berharap lebih dari itu... coc1ps@yahoo.com ^130390^
10 Juni 2009
^get start^
komunikasi itu bisa terjadi jika ada komunikator, komunikan, dan yang paling penting adalah PESAN. oia, satu lagi,media...meskipun masih banyak elemen2 lainnya...
kali ini yang saya bahas yang media dulu ya...
media komunikasi bisa berupa media On Air, On Line, dan juga Print. masing2 media punya kelebihan dan kelemahan. kalo media itu cuma Audio ato ada Audionya, dia:
1. attention, kalo aq ngartiinnya dia bisa menarik perhatian komunikator karena manusia cenderung suka dengan sesuatu yang ada audionya.
2. memorability, lebih mudah mengingat informasi yang sifatnya kita dengar daripada kita lihat. buktinya, kalo lagi ujian, paling gampang belajar sambil ditereakin keras2 dibandingin cuma baca.
3. audio imagery, karena cuma audio aja, tidak ada gambarnya, maka media yang mengandalkan audio yang dominan, bisa menciptakan imajinasi komunikator. kalo ada gambar, kan terbatas sama apa yang ada di gambar itu.
4. emotion, media yang ada audionya juga bisa menimbulkan emosi lho! film, kalo ga ada audionya, pasti ga seru sama sekali!! kaya film bisu!
kalo media yang ada Videonya, dia:
1. get attention, pastinya menarik perhatian,apalagi kalo warna2 yang ditampilkan ngejreng2. wi....silau men!
2. demonstrates features & simbol, maksudnya..yang namanya video itu kan bisa menampilkan simbol2nya dengan gamblang, bisa mendemontrasikan segala sesuatu lebih nyata juga.
3. depict situations & settings, video bisa menjelaskan lebih jelas situasi dan kondisi sesuatu, menampilkan setting tempat, waktu, suasana, lebih jelas.
4. eshtablish mood, bisa menimbulkan mood komunikator, ya faktor sikon yang ditimbulkan juga kan...
kalo media yang punya Audio & Video, pastinya tinggal gabungin kedua kelebihan di atas. jadinya, ya kaya tipi2 kelir sekarang ini...
ga heran kalo konsumennya bejibun...
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar